Powered by Blogger.

Friday, August 31, 2012

Home » » KARANGASRI OUTBOUND (KAS) KARANGGENENG - SROWOLAN

KARANGASRI OUTBOUND (KAS) KARANGGENENG - SROWOLAN

Kabupaten Sleman yang merupakan bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal memiliki potensi daerah yang sangat beragam. Selain sektor pariwisata, agrobisnis, dan pendidikan, Kabupaten Sleman saat ini juga mulai ‘digairahkan’ dengan munculnya desa-desa wisata yang membawa potensi alam dan kearifan lokal masyarakatnya. Berlatar belakang Gunung Merapi yang menjadi salah satu ikon wisata alamnya, wilayah bagian utara yang merupakan kawasan lereng gunung seperti Tempel, Turi, Pakem, dan Cangkringan, mulai menggalakkan program pemberdayaan masyarakat melalui desa wisata. Salah satu desa wisata yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan dan pengelolaannya adalah Agromina Wisata Karangasri Dusun Karanggeneng yang selanjutnya ditempat ini Berdiri suatu kawasan wisata yang kami beri nama Outbound Karangasri Adventure Service (KAS).
Berlokasi di Desa/Kel. Purwobinangun Kec. Pakem Kab. Sleman, Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) memiliki fasilitas utama untuk kegiatan Outbound serta memiliki fasilitas pendukung untuk kegiatan camping ground, fishing, dan beragam wisata minat khusus lainnya. “Dengan fasilitas ini, berupa wahana outbond/ outing, camping ground, home stay, dan pemancingan, kami berupaya untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya warga masyarakat untuk bisa ikut serta memanfaatkan Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng-Srowolan-Yogyakarta sebagai tempat pemberdayaan mereka (warga),” jelas Bapak Ahmad Junaidi (48) selaku perintis Outbound Karangasri Adventure Service (KAS).

Meskipun pembangunan sudah dimulai pada tahun 2008, namun Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng - Srowolan :Yogyakarta baru beroperasi efektif selama beberapa tahun terakhir ini. Hal itu dikarenakan pendanaan murni dari swadaya masyarakat, sehingga tidak seluruh bangunan fisik bisa diselesaikan dalam satu waktu. “Kami membangun ini (Outbound Karangasri Adventure Service / KAS) secara bertahap, pedomannya adanya dana berapa, kami cak’ke ( langsung digunakan / Bahasa Jawa),” imbuh Bapak Ahmad Junaidi. Alhasil, dengan dukungan penuh dari warga masyarakat, lahan seluas 3 hektar tersebut saat ini sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan bagi kalangan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum dengan fasilitas yang sangat memadai.
Menurut Bapak Junaidi, pada awalnya wilayah ini memiliki potensi masyarakat dan fasilitas alam yang memadai sebagai lokasi pengembangan desa wisata. “Potensi masyarakat yang kami miliki berupa potensi agro, yaitu salak pondoh, tanaman pangan, dan perikanan, sementara fasilitas alamnya berupa sungai dan embung (danau kecil),” imbuhnya. Atas dasar itulah, maka konsep awal desa wisata yang dikembangkan dan menjadi ‘brand’ Karangasri adalah AGROMINA, dengan sasaran utamanya wisata pertanian dan perikanan.

Pada perjalanannya, kemampuan para SDM yang berkecimpung di Dusun Karanggeneng telah mengalami perkembangan dibidang kegiatan outbound yang signifikan dibeberapa tahun terakhir, sehingga Karangasri memutuskan dan memberanikan diri untuk mengembangkan brand image Agromina kearah Outbound dan Camping Ground.
Jadi selain paket utama berupa out bond, susur sungai, camping ground, dan pemancingan, Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng- Srowolan : Yogyakarta juga memiliki wisata minat khusus lainnya. Paket wisata khusus tersebut antara lain paket pertanian (membajak sawah, memanen padi/ sayuran), paket perkebunan (cara budidaya salak, memetik buah salak), paket peternakan (cara beternak sapi/ kerbau/ kambing, memberi makan hewan ternak, memandikan hewan ternak), dan paket budaya (belajar karawitan, gamelan). Sementara bagi pecinta kuliner, Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng-Srowolan:Yogyakarta menyiapkan wisata kuliner dengan menu aneka olahan ikan dan berbagai menu tradisional (ndeso) seperti sego megono, gudangan, dan trancam.
Kendati masih menggunakan sistem pemasaran sederhana, yaitu dari mulut ke mulut, namun apresiasi masyarakat terhadap Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng-Srowolan ; Yogyakarta cukup tinggi. “Setiap akhir pekan kami selalu menerima kunjungan dan kegiatan dari berbagai pihak, baik itu kalangan pelajar, mahasiswa, company, masyarakat umum, dan instansi pemerintah,” tambah Bapak Junaidi. Dengan biaya Rp.40.000,00-Rp.60.000,00/ orang per hari, para pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Desa Wisata Karangasri, sekaligus merasakan sejuknya alam lereng pegunungan dengan hamparan kebun salak dan persawahannya.

 Jadi, bagi Anda yang ingin ‘kembali ke alam’ dan menikmati paket wisata agromina, Outbound Karangasri Adventure Service (KAS) Karanggeneng_Srowolan:Yogyakarta menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih.
Share this games :

2 comments:

Anonymous said...

DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI BAGI REKAN-REKAN YANG INGIN KONFIRMASI RENCANA KEGIATAN AWAL/BARU BAIK DI BANYU SUMILIR OUTBOUND CENTER,KARANGASRI OUTBOUND MAUPUN SHABA OUTBOUND SILAHKAN HUBUNGI TERLEBIH DAHULU HANYA NOMOR TELEPON DAN HP YANG TERTERA DI TAB "CONTACT US" DIBAGIAN MENU ATAS SEBELAH KANAN BLOG/SITE INI YAITU 0274.8399779 DAN/ATAU 0812 2802 0860
TERIMA KASIH.

Anonymous said...

DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI BAGI REKAN-REKAN YANG INGIN KONFIRMASI RENCANA KEGIATAN AWAL/BARU BAIK DI BANYU SUMILIR OUTBOUND CENTER,KARANGASRI OUTBOUND MAUPUN SHABA OUTBOUND SILAHKAN HUBUNGI TERLEBIH DAHULU HANYA NOMOR TELEPON DAN HP YANG TERTERA DI TAB "CONTACT US" DIBAGIAN MENU ATAS SEBELAH KANAN BLOG/SITE INI YAITU 0274.8399779 DAN/ATAU 0812 2802 0860
TERIMA KASIH.

Post a Comment