Powered by Blogger.

Friday, August 31, 2012

Home » » SEKILAS TENTANG OUTBOUND : BANYU SUMILIR OUTBOUND CENTER - SROWOLAN PAKEM YOGYAKARTA

SEKILAS TENTANG OUTBOUND : BANYU SUMILIR OUTBOUND CENTER - SROWOLAN PAKEM YOGYAKARTA

Outbound training adalah  kegiatan pelatihan di luar ruangan atau di alam terbuka (outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan. Bentuk kegiatannya berupa simulasi kehidupan melalui permainan-permainan (games) yang kreatif, rekreatif, dan edukatif, baik secara individual maupun kelompok, dengan tujuan untuk pengembangan diri (personal development) maupun kelompok (team development). Melalui kegiatan outbound, diharapkan lahir “pribadi-pribadi baru” yang penuh motivasi, berani, percaya diri, berfikir kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, rasa saling percaya, dan lain-lain.
Akhir-akhir ini, kegiatan outbound tengah menjadi tren dan fenomena yang kian banyak diminati. Berbagai organisasi, lembaga, dan perusahaan, ramai-ramai menyelenggarakan kegiatan outbound sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan performa anggota atau pegawainya. Bahkan, untuk perusahaan yang sudah mapan dan sehat, biasanya setiap tahun sudah menganggarkan dana untuk kegiatan “keluar bersama” untuk menyegarkan pikiran, yang biasanya diadakan dalam bentuk tamasya atau rekreasi bersama ke objek wisata tertentu. Dan, belakangan seiring dengan tren outbound training, program rekreasi itu banyak yang di kemas dengan outbound, sebagai bentuk rekreasi edukatif yang dinilai lebih banyak memberi manfaat. Selain membuat fresh, di dalam kegiatan outbound juga mengandung banyak filosofi dan esensi materi yang mampu menggugah semangat (motivasi-inspiratif-prestatif).
Bahkan, saat ini, metode outbound mulai dilirik oleh dunia pendidikan dengan dijadikan sebagai sistem pendidikan alternatif berbasis alam, di mana proses pengajaran di lakukan di alam terbuka. Hal ini bisa dilihat dari munculnya sekolah alam di berbagai kota, seperti Banyu Sumilir Outbound Center yang berada di kawasan Pasar Perjuangan Srowolan, Dusun Srowolan Desa Purwobinangun Kecamatan Pakem Kab Sleman Yogyakarta. Bahkan,Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Yogyakarta menjadikan metode outbond sebagai variasi pembelajaran. Di Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta, peserta didik diajak untuk belajar di alam terbuka.
Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan menyakini bahwa penggunaan metode outbond memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan belajar. Di Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta ini, para peserta didik menjalani pembelajaran dengan cara-cara yang kreatif dan atraktif, sehingga aktivitas terasa nyaman dan sangat menyenangkan.
Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya, Quantum Learning : Unleashing The Genius In You, menceritakan bagaimana SuperCamp menjadi tempat yang sangat bagus untuk proses pembelajaran. di SuperCamp, semua kurikulum secara harmonis, merupakan kombinasi dari tiga unsur : keterampilan akademik, prestasi fisik, dan keterampilan dalam hidup.
Seperti halnya Bobbi DePorter sendiri sebagai penggagas  Super Camp sekaligus penulis buku Quantum Learning, Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta meyakini bahwa agar efektif, belajar dapat harus menyenangkan. Mereka yakin bahwa belajar adalah kegiatan seumur hidup yang dapat dilakukan dengan menyenangkan dan berhasil. Untuk mendukung falsafah ini, Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Yogayakarta sangat berhati-hati dalam mempersiapkan lingkungan, sehingga semua peserta kegiatan Outbound diBanyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta merasa aman, dan nyaman. Ini dimulai dengan lingkungan fisik sebenarnya, yang diperindah dengan tanaman, seni, dan musik. Ruangan harus terasa pas untuk kegiatan belajar seoptimal mungkin.
Di Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta ini juga, kegiatan outbound dijadikan sebagai pendekatan untuk melakukan “dobrakan-dobrakan mitos”.  Tantangan-tantangan fisik digunakan sebagai metafora untuk mempelajari terobosan-terobosan belajar, sehingga terjadi pergeseran paradigma yang mengubah pemahaman mereka belajar.
Salah satu tantangan fisik adalah pelajaran talitemali yang digunakan oleh para siswa untuk memanjat pohon-pohon tinggi; berjalan di atas tali yang dipasang setinggi empat puluh kaki di atas tanah; melompat dari papan kecil ke atas galah untuk meraih palang; dan menjatuhkan diri dari ujung tangga ke dalam rengkuhan tangan-tangan anggota tim yang sudah menunggu di bawah. Ini merupakan hari yang menakutkan bagi siswa, dan kebanyakan dari mereka mengawali hari dengan perasaan bahwa mereka tidak akan dapat melakukanya. Ternyata, semuanya berhasil, dan kebanggaan yang diperoleh dengan keberhasilan ini langsung dipindahkan ke ruang kelas, di mana mereka merasa bahwa mereka pun akan berhasil. Inilah hasil terobosan-terobosan belajar yang terjadi pada ratusan siswa setiap musim panas sebagai hasil dari kegiatan ini.
Dalam perkembangannya, metode pelatihan alam terbuka (outbound) juga telah digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Pendekatan ini digunakan untuk meningkatkan konsep diri anak-anak yang nakal, anak pecandu narkotika, dan kesulitan di dalam hubungan sosial. Metode yang sama juga digunakan untuk memperkuat hubungan keluarga yang bermasalah dalam program family therapy (terapi keluarga).
Jadi...apa yang masih anda tunggu, silahkan anda berkunjung ke Banyu Sumilir Outbound Center Srowolan Pakem Yogyakarta untuk mengetahui seberapa besar anda akan mampu berkembang bersama pribadi-pribadi lain yang selama ini mendampingi anda.
Share this games :

1 comments:

Anonymous said...

DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI BAGI REKAN-REKAN YANG INGIN KONFIRMASI RENCANA KEGIATAN AWAL/BARU BAIK DI BANYU SUMILIR OUTBOUND CENTER,KARANGASRI OUTBOUND MAUPUN SHABA OUTBOUND SILAHKAN HUBUNGI TERLEBIH DAHULU HANYA NOMOR TELEPON DAN HP YANG TERTERA DI TAB "CONTACT US" DIBAGIAN MENU ATAS SEBELAH KANAN BLOG/SITE INI YAITU 0274.8399779 DAN/ATAU 0812 2802 0860
TERIMA KASIH.

Post a Comment