Powered by Blogger.

Monday, October 15, 2012

Home » » SAMBATAN : TRADISI SEJATI ORANG JAWA HIDUP BERMASYARAKAT

SAMBATAN : TRADISI SEJATI ORANG JAWA HIDUP BERMASYARAKAT

Makhluk Sosial, itu adalah sebuah ungkapan dasar paling sederhana tentang bagaimana manusia bisa bertahan hidup didunia ini, yaitu hidup dalam lingkungan manusia lain disekitarnya. Lebih mulia lagi adalah manusia sebagai Makhluk Sosial yang Beradab yang artinya selain manusia harus bisa hidup berdampingan dengan manusia lain, manusia juga makhluk yang yang senantiasa menciptakan aturan untuk menjaga ketertiban dan keberlangsungan masyarakat itu sendiri.

Sambatan yang berasal dari kata Sambat yang berarti  mengucapkan kata untuk meminta bantuan atau pertolongan. Dan dalam tradisi Sambatan ini ada istilah penting yang mengiringinya, yaitu kata "Jawab atau Jawabe" dimana orang jawa menterjemahkan kata tersebut sebagai bentuk lahirnya permintaan bantuan dari orang yang membutuhkan bantuan.Hal ini juga diartikan sebagai wujud adanya tatanan atau aturan dalam tradisi masyarakat jawa dimana setiap orang harus patuh.So...jika ada salah satu warga dalam kurun waktu tertentu akan segera memiliki hajat membongkar/merenovasi rumah misalnya, untuk memperingan bagian pekerjaan dari yang memiliki hajat, maka sudah selayaknya Sambatan tersebut akan dilaksanakan dengan catatan bahwa warga yang sedang memiliki hajat harus secara resmi mengucapkan permohonan bantuan di depan forum rapat/kumpulan atau bisa melalui perwakilan anggota keluarga yang memiliki hajat mengunjungi satu persatu kepada warga sebagai bentuk peng-aplikasian kata "Jawab" itu tadi.

Sambatan adalah bentuk implementasi sederhana yang mengandung makna dari seluruh nilai-nilai makhluk sosial. Bagi masarakat Dusun kadilobo-Gandok Sambatan adalah tradisi dan aktifitas yang sangat  penting untuk dipertahankan dan terus dilakukan. Bukan hanya karena tradisi ini sangat membantu tapi juga merupakan warisan para leluhur yang jangan sampai hilang dan terlupakan.
Share this games :

3 comments:

Anonymous said...

Tempatku dah Jarang Pak...Gimana caranya kembali membudayakan gotong royong kayak gini yachh???

ANDREW JOHNSON said...

such a paradise!!!

Unknown said...

so...they did all the work without any pay right??what a nice peoples..

Post a Comment